agus prabowo
Agus Prabowo

Agus Prabowo

Facebook Twitter Google+

Cerita dibalik Gerhana



Yosh.. akhirnya gue bisa hadir juga di acara GMT ini. Pengalaman 1x seumur hidup ini gak bakalan gue lupakan walau rintangannya, dan berakhir Ah sudahlah :'v

6 bulan sudah gue menunggu, dari bulan 8 tahun kemaren dan akhirnya terlaksana juga beberapa hari yang lalu. Semuanya berawal dari kabar angin yang disampaikan oleh salah seorang temen astro gue, sebut saja dia mawar. yang mengabarkan bahwa bumi indonesia akan gelap gulita untuk beberapa hari di bulan maret 2016. "Anjiir,, nih pasti berita HOAX lagi" karena beberapa hari sebelumnya juga marak berita-berita heboh yang menyatakan bahwa bumi akan gelav gulita selama beberapa minggu. Tetapi setelah gue selidiki ternyata apa yang ia kabarkan bukan gelap beberapa hari tetapi gelap beberapa menit. Setelah sebelumnya gue baru liat di salah satu situs web menyatakan bahwa akan ada fenomena bersejarah kembali terulang di indonesia. Fenomena apa itu?  G30SPKI? Penjajahan Jepang? Kembalinya Belanda? Bangkitnya Majapahit? Bom Bali 1? Bom Bali2? Bom suriah? Eh, sarinah? Ternyata Bukan..!! fenomena alam ini biasa kita sebut dengan GMT alias Gerhana Matahari Total. yang mengingatkan gue kembali kemasa lalu pada tahun 1983, yang pada saat itu terjadi hal yang sama dan Menghebohkan karena masih minimnya pengetahuan masyarakat pada kala itu tentang gerhana.

Setelah gue tau, gue gak langsung percaya gitu aja. Gue buktikan dengan menggunakan software Stellarium dan ternyata memang betul sekali. WOW, nggak disangka-sangka ternyata Gerhana akan Terjadi di Bumi Indonesia dan Eksklusif.

Setelah itu langsung gue sebarin berita ini dan ternyata banyak yang tidak percaya :'v kamvrett.. dan gue di bully di tindas di intimidasi sampe akhirnya gue tertekan depresi dan gantung diri di pohon cabe. Ha....... (-_-)
Enggaklah gengs, gue tetep sebarin walau gak di minatin. sampe akhirnya kabar ini terdengar oleh seorang guru gue disekolah yang ngeliat status gue di fb. ya, gurunya bisa dibilang gaul sih :v ya karna gak cuma aktif di sekolah, rumah ataupun dimana ia berada, tapi sampe dunia maya juga!.. kapan ya sampe ke dunia lain.. hehe bacanda kok bu' Viss.. :v

Setelah beliau faham besoknya beliaupun mengabarkannya lagi ke temen sekelas gue. Dan cerita bahwa ibu udah baca status kamu dan ibu udah beli kacamata hitam, dan kalo ntar sampe gak ada gerhananya, leher gue bakalan di iket di tengah lapangan sekolah. Waseem, masa sampe segitunya. Tapi karena itulah temen-temen gue udah dikit demi sedikit percaya bahwa entar akan ada Gerhana Matahari Total di indonesia yang kebetulan lewatnya di kota gue yaitu Kota Lubuklinggau,Sumsel.

waktu demi waktu berlalu dan tibalah hari H dan sampe hari itu gue belum punya yg namanya Kacamata Filternya sampe adek gue ngeluarin dari tasnya dan langsung pergi sama temen2nya buat liat juga. Tapii, saat itu cuacanya............................... em e en de u en ge, alias Mendung, YEEE!! :'v entahlah apa yang gue rasain saat itu. tapi gue tetep hadir pada pengamatan GMT yang di laksanakan di Vila Bukit Sulap. Dan suasananya kayak malem tahun baruan.. gak ada tempat berdiri bebas, jadi akhirnya gue salip sana salip sini dapet juga ke yg paling atas. ya, gue gak liat apa-apa sih karna antusiasme masyarakan yg cukup besar menghalangi pendanganku kearah ufuk timur. setelah menunggu sekian lama..

AKHIRNYA..!! SEKITAR JAM 07.20 WIB :'y GUE DAPAT MERASAKAN.. GELAPNYA LANGIT + MENDUNG membuat suasanya yang sebelumnya terang benderang menjadi gelap mencekam membuat siapa saja terdiam olehnya.

Waktu terus berjalan dan berakhir pula Gerhana pada kali ini, matahari mulai terlihat pada saat fase kontak akhir.. Anjaayy.. udah telaat.. tapi, Gue bersyukur untuk apa yang telah di tampilkan. Sebuah mahakarya yang WOW telah selesai dan akan kembali sekitar 30 tahun lagi, semoga bisa kembali bertemu dan melihatnya secara utuh bersama keluargaa...

Dan pesan gue untuk ini semua adalah yang pernah deket banget aja bisa sampe menjauh dengan cepat apalagi elu yg gk ada yang deket :'v Ah sudahlah

2 comments:

  1. makasih gan Saccharomyces Cerevisiae udah baca :'v
    ya gitulah gan.. resiko jadi pecinta astro..

    ReplyDelete