agus prabowo
Agus Prabowo

Agus Prabowo

Facebook Twitter Google+

Ini Budi - Terimakasih Aldi #1

*Sudut pandang cerpen : Orang pertama/gue/budi 

Hy, nama gue Budi gk ada nama panjangnya. Gue anak sekolahan kelas 1 SMA swasta di daerah terpencil di pulau sumatra. Gue hidup bersama dengan keluarga gue dan 1 adek gue yang bernama sukma. Gue anak sulung di keluarga ini. 

Setiap hari gue harus pergi kesekolah dan menuntut ilmu yg gk salah apa apa. Jadi gue harus bayar uang SPP setiap bulan, belum lagi daftar ulang. Bapak gue seorang PNS di kelurahan daerah gue dan ibu gue cuma ibu rumah tangga biasa. 

Menjadi anak PNS sama sekali gak buat bahagia. Dengan lingkungan rumah gue yang tertutup membuat gue menjadi seorang fobia sosial, dari kecil gue selalu dilarang buat main ke luar sampe pernah gue dimarahin karena gue main keluar. Orang tua gue selalu bilang kalo mereka takut kalo sampai anaknya ikut pergaulan bebas. Jadi mreka nggak membiarkan gue keluar sampai kelas 2 smp akhirnya gue resmi jadi anak GOA yang stiap hari ngehabisin waktunya dirumah dan membuat gue jadi fobia sosial.

Di sekolah biasanya gue sering di bully (di olok olok) dengan setiap temen yang sekelas ama gue, gue sering di bully dengan sebutan "Ini Budi" sesuai dengan nama gue di sekolah..... biasanya mreka sering ngata-ngatain gue *sambil nunjuk ke muka gue... "Ini budi,,, Budi Anak Yang Culun, Budi Kurus Kayak Genter, Budi Jones, Budi Penakut, Budi Item, Budi Mukanya Mirip Monyet, Anjing Lo Budi!!! Wokwokwokwok...!!!" Dan sekelaspun ngetawain gue dan gue cuma bisa diem dalam teriakan kegembira mereka. Gue ngerasa ini hal biasa dan bisa dibilang makanan sehari hari karena  udah keseringan di bully kek begitu sejak dari kelas 1 SMP. Dan hampir setiap malam gue luapin kekesalan gue dengan pergi ke pantai deket rumah lalu gue lempar batu ke laut sejauh jauhnya sampai gue tersentak ke depan sangking keselnya gue hari itu. Setiap hari gue laluin dengan bully (bully udah gue anggap temen sendiri), sampe pernah gue ngelawan tapi akhirnya gue di gelandang ke ruangan BK dan ikut diomelin abis abisan sampe gue gak ikut ulangan penjas hari itu.

Di beberapa waktu gue sering menghayal gimana seandainya jikalau gue gak dilahirin di keluarga ini, Gue gk disini, Gue punya benyak temen, Gue punya pacar yang cantik lalu menikah terus hidup bahagia selama lamanya. Gue selalu nulis kejadian hari ini di Diary gue yang gue gue sebut "Story Of  Budy" ya, mungkin  kalian fikir Budy itu nama anjing atau peliharaan. Tapi piss itu nama gue yang gue modifikasi sedemikian rupa hingga jadi seperti "Story Of Budy" Yeahhh... 

Akhirnya malampun tiba dan hujan ikutan nimbrung pula malam itu, rencannanya abis gue nulis diary gue hari ini gue mau liat liat sekilas diary gue sebelumnya dan mudah mudahan gue gak laper,, eh baper. Eheemm...

Lembar demi lembar gue buka..
||Eh, ada cerita pas pertama kali gue di ejek abis abisan pas MOS waktu smp, saat itu gue dipanggil nama nama binatang, udah kayak kebun binatang aja gue ampe senior gue di smp juga ikt ikutan. Inilah awal bully jadi temen gue sehari hari.
||Hmm,, ada lagi pas gue nangis dikelas karena temen gue  nepuk telinga gue yg kanan ama yg kiri bersamaan dan gendang telinga gue serasa kayak mau meledak, sesaat itu juga gue ngerasa pendengaran gue menghilang dan berdengung hebat sangking sakitnya akhirnya gue nangis, kejadiannya pas kelas 2 smp, hadehh miris banget nasib hidup gue sampe sampe ada yg berani gituin gue.
||Dan.. Eh,, ada cerita dimana gue suka ama seorang cewek di sekolah dia selalu belain gue tapi apa daya gue akhirnya dia jadian dengan temen sekelas gue yang Bad Guy. Dan sisi baiknya karena dia udah jadian ama preman dikelas gue dan gue juga temenan ama cewe nya  akhirnya gue juga gk pernah dibully ama cowo nya lagi, Tapi disitu gue ngerasa rendahan banget.

Selesai gue baca gue langsung lompat ke kasur gue yang empuk sambil nahan udara dingin yang berhembus, akhirnya gue merem saat itulah gue ngerasa kalo gue udah kayak bener bener sendirian (sbenarnya gue punya temen, mereka dateng kalo ada musibah dan sebagai teman yang baik gue hrus membantunya :) dan juga teman teman kenalan gue dari kecil sampe skrg) Gue udah ngerasa sendirian dimana semuanya serasa menghilang menjauh tak terasa lagi kehadirannya di kehidupan gue kayak makhluk ghaib dan gue terus ngerasain itu sampai gue terlelap dalam tidur gue...................... *JELEGERRrrrr....!!!! (ceritanya suara geludug :v )

Pagi datang dan gue berangkat sekolah dan menjalani hari seperti biasa sampai suatu hari kelas gue kedatangan siswa baru pindahan dari Bengkulu, dia bernama Aldi (gk pake fairuz) nama lengkapnya Aldi Syahputra dia pindah kesini karena ibunya punya pekerjaan disini sementara bapaknya sedang bekerja di manado, mereka tinggal di bengkulu. Nah karena dikelas cuma bangku sebelah gue yang kosong akhirnya dia duduk di sebelah gue dan gue kenalan dengannya. Suara hati gue ngomong kalo ini sebuah "Kesempatan" gue coba untuk ngobrol setiap waktu sebisa mungkin supaya dia gk tahu siapa gue dan terus gue paksain sampe dia ngumpul dengan teman sekelas gue yang lain dan dengan terpaksa gue juga ikut ngumpul sampe gue dibully mati matian disana gue tetep paksain dan gue terlihat aneh tapi gue paksain walau badan gue udah panas emosi gue muncak tangan udah gatel dan terus aja gitu sampe bel pulang. 

Hari demi hari terlewati gue sama Aldi udah makin deket aja.. (Jangan ngeres luw!! :v ) sampe gue bener bener ngerasa kalo gue udah sedikit berubah yeaph berubah! dari fobia sosial ke introvert ya, walau berubahnya gak jauh jauh amat tapi ini bawa perubahan besar dalam hidup gue. Ini karena setiap hari Aldi selalu ngajakin gue buat jalan jalan bareng keluar ke tempat yang belum pernah gue liat sebelumnya bertemu dengan temen temennya dan jalan jalan bareng saling ke rumah masing masing sampe ibu gue pikir kalo gue udah ikut pergaulan bebas tapi gue kenalin lebih deket lagi ama si Aldi dan ibu gue akhirnya faham. Untungnya disini Aldi juga ngaku kalo dia itu Introvert. Lebih suka menyendiri tapi bukan anti sosial! ingat, bukan anti sosial! dari banyak artikel dan buku yang gue baca ada 2 kepribadian manusia.. Ada Introvert & Eksovert. Dan gue sekarang adalah Introvert, ya walau cuma naik sedikit dari fobia sosial ke Introvert tapi ini cukup membuat sejarah di hidup gue sekarang dan gue sekarang lebih mensyukuri diri gue sendiri dan gk malu malu lagi pas ketemu orang, ya walau butuh waktu berbulan bulan. Aldi adalah seorang teman yang udah gue anggap sahabat dan dia juga demikian karena setiap kita ketemuan, hal gila bisa saja terjadi (Jangan ngeres lagi luw!! :v ) gue ladas aja ngomong sama dia. Dan karena kehadiran aldi di kelas, gue udah jarang di bully ama temen sekelas. Yang biasanya setiap hari kali ini mereka ngebully kalo lagi mood jadi gue bisa tidur dengan nyenyak dan sejak temenan sama Aldi gue jadi lebih humoris dari biasanya.. trimakasih aldii, Hahahaha.. *Kagak lucu!

Hari demi hari gue ngerasa hidup gue makin baik, beda sedikit dari yang dulu, iya sedikit. ini semua karena sahabat gue si Aldi dan gue makin bangga ama dia karena banyak cewe di kelas selalu dan selalu senyum senyum gila kalo si Aldi ini dateng. Gue akuin mukanya ini mirip Aliando Syarif dan banyak cewe naksir ke dia mana dia cowo Introvert ganteng lagi udah kaak cowo U mild aja. Lah gua? udah jelek Introvert lagi.. bukannya jadi cool tapi malah jadi kuper. Emang tampang bisa merubah segalanya.

Waktu terus berjalan, persahabatan gua terus berlanjut. Aldi sering main ke rumah gue dan gue sering main kerumahnya sampe adek gue si sukma juga naksir ama si Aldi, ngenes amat gue jon. Adek sendiri yang bilang.

Sampe akhirnya tibalah Ujian Nasional, saat ujian nasional gue sama si Aldi gak tau duduknya depan belakang dimana kita bisa selalu saling ngasih jawaban ujian tanpa diketahui pengawas karena para pengawas sibuk main hp dan baca koran. (sttss) 

Saat pengumuman semua siswa siswi dinyatakan lulus termasuk kami ber 2 Yeeee gembira hatinya. Setelah lulus ini gue rencananya mau ngajak si Aldi ini buat ngerantau bareng. TAPI... gak ada angin gak ada ujan tiba tiba gue di kasih kabar dari Aldi kalau dia udah mau nikah 2 minggu lagi.. saat itu juga gue terdiam, terus nanya kenapa lalu dia ngajak gue ketemu di tempat biasa gue dia dan temen temennya nongkrong yaitu di deket terminal lalu dia cerita kalo sebenarnya dia udah ngehamilin seorang gadis temennya di dekat rumahnya dia ngelakuin ini pas setelah UN dan anak yang dikandung wanitanya udah jalan 2 minggu dan dia udah cerita ke keluarganya dan keluarga wanitanya lalu ia putuskan untuk tanggung jawab. Dia bilang kalo dia udah gak tahan. Gue agak greget saat itu tapi ya, yang terjadi gak bisa di ulangi kecuali pake masin waktu doraemon. dan gue cuma kasih ucapan selamat dan semangat walau dia ngelakuin hal itu tapi tetap dia masih sahabat gue yang udah bantu gue jadi jauh lebih baik dari yang dulu. Lalu gue punya inisiatif untuk.. "Eh, gimana kalo nanti kita nyari kerja barengan?" tapi dia jawab "udah gak perlu, abis ini gue bakalan pindah ke sulawesi karena bapak gue punya hal yang bisa bantu gue disana" "yaudah, baik baik ya bro" sahut gue.. dan dibalas "y"

Dan ya itulah Cerita gue dengan sahabat gue dimana dia udah gue anggap sebagai saudara gue sendiri dan akhirnya dia milih jalan hidupnya sendiri. Gue gak bisa ngerubah dia kayak dia ngerubah gue dulu. Gue cuma bisa ngelanjutin apa yang udah dia bantu buat gue dan gue harus berusaha setelah ini hal apa yang harus gue perbuat. Sebenarnya gue juga bingung abis ini mau ngapain :'v tapi itulah, Ini Budi malah gak pernah gue denger lagi di telinga gue. Makasih Aldi, walu kini kau udah berkeluarga tapi gue tetep belum punya pasangan buat berkeluarga.

Hmm.. dan begitulah obrolan gue dengan Aldi di sebuah cafe di daerah jakarta.. ngenang massa lalu gue yang ngenes bin buat bingung,..

Akhirnya...
Aldi  : Yaudah bro, gue mau pulang dulu ya..
Budi : Owh, yaudah broo, kapan kapan kita ngobrol lagi ya.. salam buat istri dirumah..
Aldi  : Siip bro.. Eh iya lu kapan mau dapet pacar.?
Budi : sampe sinetron di indonesia menghilang dari peradaban!
Aldi  : Yaelah,, :v
Budi : yaudah broo,, lama lama ngenes gue ngomong ama lu.. :'v
Aldi  : oke.. oke.. :V

- TAMAT -
Oleh : Agus Prabowo

No comments:

Post a Comment